Skip to main content

Avengers Endgame : Avengers (belum) Pensiun?


Avengers Endgame benar-benar menjadi wabah besar yang ditunggu bagi industri perfilman dunia. Bahkan film produksi hollywood ini berhasil merajai box office negara dengan pertahanan film lokal terkuat sekelas Bollywood. Sebenarnya ini cukup mengagetkan mengingat kedua industri film tersebut selalu bersaing dalam pasar India (ya iyalah secara hanya negara India yang belum terjajah film hollywood). Berlanjut ke avengers Endgame, film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 April 2019 dan di seluruh dunia pada 24 April 2019 – 29 April 2019 (tiap negara beda-beda tanggal rilisnya, terakhir di Rusia tanggal 29). Berdasarkan hitungan saya film Avengers sudah menguasai bioskop Indonesia selama 6 hari (24-29 April), jadi jika ini menjadi spoiler, maka bukanlah sesuatu yang berbahaya, toh juga sudah berjuta-juta orang yang menonton film Avengers : EndGame. Terlalu banyak penjelasan karena itu kita langsung saja menyimak synopsis film A : EG

Film ini dimulai dengan cerita bagaimana dunia setelah sebagian populasi manusia menghilang akibat jentikan jari Thanos setelah mengumpulkan infinity stones. Para anggota avengers yang tersisa di bumi tak kalah merasakan sakit akibat kehilangan orang-orang yang mereka sayangi. Captain America (Steve Rogers), Black Widow (Natasha Romanoff), Hulk (Bruce Banner), Thor, War Machine (James ‘Rhodey’ Rhodes), and rocket racoon berusaha mencari cara untuk dapat menemukan thanos dan memaksanya mengembalikan keadaan seperti semula.

Keenam Avengers tersebut juga mengira bahwa iron man ikut menghilang dalam infinity war, tetapi ternyata Iron man (Tony Stark) dan nebula berhasil selamat, dan mereka menaiki pesawat ruang angkasa agar dapat kembali ke bumi. Hanya sayaang pesawat tersebut justru “terapung” di luar angkasa karena kehabisan bahan bakar, Tony Stark bahkan putus asa dan mengira dirinya akan mati sebelum sampai ke bumi. Tony sempat membuat video pribadi untuk kekasihnya pepper, jikalau pesawat gagal sampai ke orbit bumi. Nebula sendiri bisa bertahan karena pada dasarnya dia adalah robot sehingga tidak terlalu membutuhkan makanan dan udara untuk tetap hidup. Ketika membaringkan tony yang sedang sekarat, tiba-tiba Captain Marvel muncul untuk membawa tony dan nebula ke bumi. Sesampainya mereka di bumi para anggota avengers sudah menunggu mereka dan senang mengetahui tony masih hidup.
Rencana untuk mencari thanos pun disusun oleh para  anggota avengers, dibantu oleh nebula dan captain marvel. Anggota avengers memang menemukan tempat persembunyian thanos tetapi mereka terlambat karena Thanos sudah menghancurkan infinity stones (Thanos lebih pintar). Semuanya terasa sia-sia bagi para anggota avengers karena tidak ada jalan lain untuk mengembalikan keadaan mereka seperti semula. Thor yang marah kemudian membunuh Thanos (toh juga tidak gunanya dia hidup). Semua anggota avengers mulai berpencar dan menjalani kehidupannya masing-masing kecuali Captain Amerika dan Black Widow yang tetap berada di Markas avengers (mungkin belum bisa move on). Setelah lima tahun berlalu, harapan baru mulai muncul dengan hadirnya the ant-man (scott lang) yang tidak ikut musnah saat thanos menjentikkan jarinya (Ant-man berada di Quantum Realm saat infinity war terjadi). Scott sendiri bingung karena dirinya ternyata sudah lima tahun menghilang dan sebagian populasi penduduk dunia turut menghilang (termasuk Hope, Maggie, dan Paxton, menyisakan Cassie yang telah bertumbuh menjadi seorang remaja). Scott memutuskan pergi ke markas avengers dan membantu mengembalikan keadaan seperti semula.
Scott bertemu dengan Natasha dan Steve, dia juga mengemukakan idenya untuk menggunakan quantum realm sebagai jalan keluar dari masalah yang mereka hadapi. Walaupun terdengar gila, tetapi tidak ada jalan lain bagi steve dan Natasha. Mereka bertiga kemudian mencari anggota avengers lainnya yang sudah memiliki kehidupan baru, mulai dari hulk yang telah menjadi selebriti, tony yang sudah memiliki keluarga kecil bersama pepper dan putri mereka Morgan, Thor yang telah berubah menjadi gemuk karena kebiasaannya sebagai seorang pemabuk, dan clint yang berubah menjadi ronin (pembunuh bayaran di Jepang. Oh lupa keluarga clint semuanya turut musnah karena itu dia menjadi putus asa).
Setelah semua anggota avengers berkumpul ditambah rocket raccoon, nebula dan captain marvel. Rencana menjelajahi waktu mulai dilakukan. Uji coba dilakukan oleh Scott, Hulk dan Tony, setelah dirasa cukup uji cobanya, mereka mulai bersiap kembali ke masa lalu di mana keenam batu infinity bisa  mereka dapatkan (Captain Marvel tidak ikut karena masih menjalankan tugasnya untuk mengamankan galaksi,  entah galaksi kompleks mana, RT berapa). Tim pun dibagi agar bisa berpencar, Time Stone (Hulk. Disini ada adegan yang menakjubkan karena hulk berhadapan dengan the ancient one), Mind Stone dan Space Stone (Scott, Tony, Steve), Reality Stone (Thor dan Rocket Racoon), Power Stone (Nebula dan Rhodes) dan Soul Stone (Natasha dan Clint). Perjalanan mereka menjelajahi waktu tidaklah mudah, terutama saat mencari Soul Stone, di mana Natasha dan Clint bertarung satu sama lain untuk mengorbankan diri mereka, Natasha berhasil memenangkan pertarungan itu dan mengorbankan dirinya agar Clint dapat membawa pulang SoulStone (Persahabatan mereka memang teruji. Clint hanya bisa menangis sambil membawa pulang Soul Stone). Intinya semua batu infinity sudah terkumpul dan semua anggota avengers sudah kembali dari perjalanan menjelajah waktu (minus Natasha).
Para anggota avengers tidak menyadari bahwa nebula yang bersama mereka bukan nebula versi 2019 tetapi nebula versi 2014 (agak susah menjelaskannya, makanya ditonton ya filmnya). Setelah batu infinity ditaruh dalam Gauntlet buatan avengers, Hulk memakainya dan menjentikan jarinya seperti Thanos. Kekuatan batu infinity yang besar membuat Hulk tak sanggup menahannya, tetapi jentikan tersebut berhasil mengembalikan populasi manusia yang hilang, ini dibuktikan dengan ponsel Clint yang berdering (Laura, istri clint menelepon Clint menanyakan keadaannya). Belum selesai hulk mengalami shock akibat kekuatan batu infinity, Nebula versi 2014, membuka jalan bagi Thanos versi 2014 untuk datang dan merebut kembali batu infinity. Bisa diprediksi bahwa pertempuran hebat tak bisa dihindari antara Avengers dan Black Order. Banyak kejutan yang terjadi selama pertempuran tersebut, mulai dari Steve yang mampu mengangkat Mjolnir bahkan mengendalikannya, Nebula versi 2019 yang membunuh nebula versi 2014, Pepper yang ikut bertarung, serta hadirnya kembali semua anggota avengers yang musnah di infinity war. Ketika pertarungan hampir dimenangkan oleh Thanos dan Black Order, maka Captain Marvel pun muncul untuk berhadapan secara langsung dengan Thanos. Pertikaian ini diakhiri dengan jentikan jari yang dilakukan oleh Tony setelah mengambil semua batu infinity, Black Order dan Thanos pun musnah setelahnya. Tetapi, kekuatan batu infinity akhirnya membunuh Tony Stark, kesedihan besar pun melanda Pepper, Peter dan Rhodey. Pemakaman Tony dihadiri oleh semua anggota avengers (terlalu banyak makanya capek kalau disebut satu per satu).
Selepas pemakaman Tony, Batu-batu infinity tersebut harus dikembalikan ke asalnya. Disaksikan oleh Bruce, Bucky dan Sam (Falcon), Steve kembali ke masa lalu untuk mengembalikan batu infinity. Bruce mengatakan bahwa ini hanya memerlukan waktu lima detik saja, tetapi setelah lima detik berlalu steve tak pernah kembali. Bucky kemudian berjalan meninggalkan Bruce dan Sam (Bucky sudah tahu kalau Steve pasti memilih tinggal di masa lalu bersama Peggy). Tebakan bucky benar adanya ketika dia melihat seorang pria tua duduk menatap sungai yang tak jauh dari tempat ketiga orang tersebut. Ternyata itu adalah steve yang sudah terlihat tua, dengan membawa shield andalannya dia memberikan shield tersebut kepada Sam (Kemungkinan sam akan menjadi Captain Amerika yang baru).

Seri Endgame benar-benar menjadi akhir bagi anggota avengers mula-mula (2012). Tetapi dapat diakui bahwa film ini menjadi berbeda dari seri-seri sebelumnya karena membawa para penonton untuk kembali ke masa lalu di mana awal mula konsep avengers dan ada fakta-faktanya tersendiri (tercyduk ini namanya) :
1.      Time Stone
Ternyata Ancient One berada di New York saat loki membuat ulah. Dan melihat tim avengers mula-mula.


2.      Reality Stone
Masih ingatkan kalian tentang film Thor : The Dark World (2013)? Waktu Frigga  menipu Malekith dengan sihirnya. Ternyata Thor Versi 2019 telah memperingatkan frigga bahwa malekith akan datang dan menyerang Asgard. Makanya frigga sudah siap terlebih dahulu.

3.      Space Stone
Ternyata setelah ditangkap oleh anggota avengers versi 2012, Loki tetap berhasil mendapatkan Space Stone akibat kecerobohan Tony Stark versi 2019. Ini menjelaskan kenapa Tesseract bisa berada di tangan Loki saat Thanos menyerang  kapal Asgard.

Dan masih banyak lainnya, tetapi karena saya tidak ingin terlalu banyak berkomentar tentang penjelajahan waktu dan akibat pada masa depan maka kita  sudah percakapan sebab-akibat ini.
Tetapi yang menarik perhatian saya adalah kisah Natasha dan clint yang benar-benar menggambarkan persahabatan yang solid setelah Steve dan Bucky. Keduanya bertarung bukan untuk kepentingannya sendiri melainkan untuk mengorban dirinya sendiri demi kelanjutan hidup sahabatnya. Natasha memilih dirinya sendiri untuk berkorban, karena yakin bahwa Clint dapat berkumpul dengan keluarganya  jika misi ini berhasil. Lalu keputusan Steve untuk kembali ke masa lalu dan menikah dengan Peggy Carter yang membuktikan bahwa hanya Peggy yang dia cintai (Walaupun Sharon Carter yang merupakan keponakan peggy, juga mencintainya). Yang terakhir adalah rasa penasaran saya tentang kelanjutan avengers dalam formasi yang baru seperti Scarlet Witch, Winter Soldier, Spiderman, Ant Man, Black Panther, dan New Captain America. Mungkinkan Marvel Cinematic Universe akan membuat film avengers dengan formasi baru, atau kembali memecahkan karakter-karakter superheronya dalam filmnya tersendiri. Untuk  informasi lengkap tentang Avengers End Game silahkan klik link di sini

Comments

  1. Sony Kembali Undur Jadwal Tayang Venom 2, Jadi ...
    Sony Pictures rupanya kembali menggeser jadwal tayang film Venom 2 di bioskop. Dilansir melalui Variety, kini, film berjudul Venom: Let There Be Carnage tersebut akan tayang pada Baca Selengkapnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Konsentrasi Komunikasi Antar Budaya, ada?

Komunikasi Lintas/Antarbudaya (Cross Cultural Communication) tidak banyak yang tahu tentang konsentrasi ini selain mahasiswa Jurusan ilmu komunikasi, Universitas Nusa Cendana (Undana).   Ya, memang di Kupang ada dua jurusan ilmu komunikasi, satunya di Undana dan lainnya di universitas Widya Mandira (Unwira). Untuk wilayah Nusa Tenggara Timur, Ilmu komunikasi lebih banyak dikenal melalui konsentrasi Jurnalistik dan Hubungan Masyarakat, maka tidak mengherankan ketika mencari kerja anak KAB (sebutan untuk mahasiswa konsentrasi antarbudaya) sering ditanya-tanya tentang  konsentrasinya oleh para pencari tenaga kerja. Pernah saya ditanyai tentang konsentrasi antarbudaya, belum sempat saya jawab, sudah bergulir saja kalimat “ Oh… jadi nanti kalian belajar bahasa daerah dari berbagai daerah di NTT? ” atau “ Bahasa daerah apa yang sudah kalian kuasai? ”   (pertanyaan ke-2 itu yang paling menjengkelkan).  Alih-alih paham, justru konsentrasi Komunikasi Antarbudaya disalah artikan kajia

Tak Ada Makan Siang Gratis Dalam Mencapai Kemajuan Negara

  Sumber : Kemeperkraf Indonesia        Beberapa waktu yang lalu saya mengerjakan sebuah tugas ujian akhir semester, ada pertanyaan yang menarik tentang relasi konsep kepemimpinan otoriter dan kemajuan suatu negara. Diambilah contoh Singapura, Korea Selatan dan Taiwan sebagai negara pembanding untuk membuktikan kepemimpinan otoriter turut serta dalam kemajuan suatu negara. Di Indonesia, mungkin diambil contoh pada masa orde baru, di mana Indonesia seketika berubah dari negara miskin menjadi negara yang memiliki power di Asia bahkan dijuluki sebagai Macan Asia di bawah kepemimpinan otoriter.      Jika dilihat secara umum, memang ada benarnya karena perencanaan dan pengawasan yang lebih terpusat. Sistem otoriter membuat segala keputusan dapat diambil dengan cepat tanpa harus membuang waktu dan uang hanya untuk duduk berdiskusi di dalam parlemen. Jika dicari kesamaan dari Singapura, Korea Selatan dan Taiwan, mereka memang berubah menjadi negara maju terkhususnya dalam bidang ekonomi setel

Darurat Dialektika dan Drakor

Seorang teman menyarankan saya untuk menonton Video tanya jawab Rocky Gerung dengan anak-anak muda perihal dinamika politik yang dibalut atau dibenarkan melalui pertanyaan-pertanyaan di dunia teknologi yang bagi saya tidak terlalu menarik. Dari kalimat “Lu kan suka sejarah” membuat saya tertantang mengingat Rocky Gerung pernah menemui moment “diam” sejenak saat pernyataannya disanggah oleh Sujiwo Tejo mengenai kekayaan kosakata bahasa Indonesia. Sejarah... Apa yang saya temukan selain ide tentang masa depan Demokrasi Indonesia, kemanusiaan dan sebagainya dengan melalui sudut pandang Filsuf Yunani. “ Rocky Gerung : Alasan Kita Darurat Dialektika” Sebuah judul yang menghantarkan ingatan saya ketika masih berstatus mahasiswa, ada seorang dosen mata kuliah kewirausahaan yang tersinggung saat teman saya mempertanyakan materi kuliah yang tak sesuai dengan kenyataan yang dia temui ketika berdagang bersama orang tuanya. Pertanyaan itu akhirnya membuat teman saya mendapatkan nilai D karena dian